Kumpulan Materi Kuliah Ilmu Komputer. Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Grafis, Manajemen Informatika dll.

Selasa, 08 Mei 2012

IMK 12 : CSCW : Computer-Supported Cooperative Work

Tidak ada komentar :

Computer-Supported Cooperative Work
Topik Bahasan
 Definisi
  Tujuan Kerja Sama
  Asinkron Tersebar: Tempat dan Waktu Berbeda
  Sinkron Tersebar: Tempat Berbeda, Waktu Sama
  Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama
  Penerapan CSCW pada Pendidikan
  Definisi
  Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.
  Hasil CSCW biasanya disebut Groupware.
  Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
  Tujuan Kerja Sama
  Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
  Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda.
  Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
  Tujuan Kerja Sama (Lanj.)
  Tujuan Kerja Sama (Lanj.)
  Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
 Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
  Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.
  Pengelompokan Sistem Kerja Sama
  Matriks waktu-ruang untuk mengelom-pokkan sistem kerja sama (Ellis et al. 1991):
 Asinkron Tersebar: Tempat dan Waktu Berbeda
  Email
  Newsgroups dan komunitas jaringan
  Email (Electronic Mail)
Tools:
¨ Filtering (Message rules pada Microsoft Outlook Express).
¨ Archiving (menyimpan pesan lalu).
¨ Forwarding (meneruskan pesan).
¨ Mailing lists.
  Email (Lanj.)
  Dapat mengandung gambar, suara, animasi, attachments berupa file dsb.
¨ Dampak negatif: virus.
  Membuat email menjadi universal membutuhkan (Anderson et al., 1995):
¨ Peningkatan penyederhanaan.
¨ Peningkatan pelatihan.
¨ Pemfilteran yang lebih mudah.
¨ Hardware berbiaya murah.
¨ Jasa jaringan
  Newsgroups dan Komunitas Jaringan
  Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok.
  USENET newsgroups
¨ Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi.
¨ Terbuka bagi umum.
¨ Dapat di-search melalui web.
  Mailing list services
¨ Pemakai harus berlangganan.
¨ Menggunakan email.
¨ Bisa ditengahi moderator.
 Newsgroups dan Komunitas Jaringan (Lanj.)
  Online conferences
¨ Mempunyai alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan dokumen.
  Web discussion board
  Online newsletters
   Komunitas jaringan bisa kontroversial: hacker, teroris, kegiatan rasis.
 Sinkron Tersebar: Tempat Berbeda, Waktu Sama
  Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
  Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.
  Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
  Sinkron Tersebar (Lanj.)
  Sinkron Tersebar (Lanj.)
  Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.
  Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
  Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).
  Sinkron Tersebar (Lanj.)
  Sinkron Tersebar (Lanj.)
  Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama
  Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
  Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
  Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
  Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.
  Tatap Muka (Lanj.)
  Tatap Muka (Lanj.)
  Tatap Muka (Lanj.)
  Tatap Muka (Lanj.)
  File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
  Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
  Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar