Selasa, 08 Mei 2012
IMK 5 : Paradigma prinsip
PARADIGMA & PRINSIP IMK
mengapa studi paradigma
Masalah dalam
daya guna interaksi :
bagaimana bisa interaktif sistem dapat dikembangkan
untuk memastikan kegunaan?
bagaimana kemudahan interaktif sistem dapat dibuktikan
atau diukur?
Sejarah
interaktif desain sistem menyediakan paradigma untuk digunakan sebagai desain
Memahami
sejarah HCI sebagian besar tentang memahami serangkaian pergeseran paradigma
Tidak semua yang tercantum di sini berarti pergeseran
"paradigma", tetapi setidaknya mendekati
Sejarah akan menilai yang benar mana yang akan
bergeser
paradigma interaksi
Teknologi
komputasi baru, menciptakan persepsi baru dari hubungan manusia dan komputer.
Kita dapat
menelusuri beberapa pergeseran dalam sejarah teknologi interaktif.
paradigma awal
Batch processing
contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Time-sharing
contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking
contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking
Graphical displays
contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking
Graphical display
Microprocessor
contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking
Graphical display
Microprocessor
WWW
contoh pergeseran paradigma
Sebuah simbiosis dunia fisik dan elektronik dalam
pelayanan kegiatan sehari-hari.
Ubiquitas Computing
Sebagai contoh:
sebuah
lingkungan Ubiquitous Computing yang menghubungkan kontrol penerangan (lampu)
dan pemanas ruangan dengan alat yang dipasang pada pakaian kita sehingga
kondisi penerangan dan suhu ruangan dapat dimodulasi secara terus-menerus dan
tak kentara.
jenis paradigma
Time-sharing
Video display unit (VDU)
Programming toolkits
Personal computing
Windows system & WIMP
Metaphor
Direct
manipulation
Langunge
versus action
Hypertext
Multi-modality
CSCW
time-sharing
1940s and
1950s – explosive technological growth
1960s – need
to channel the power
J.C.R.
Licklider at ARPA
single
computer supporting multiple users
time-sharing
time-sharing
time-sharing
time-sharing
video display units (VDU)
Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang
sama dalam representasi yang berbeda
Mampu memvisualisasikan abstraksi data
video display units (VDU)
video display units (VDU)
video display units (VDU)
programming toolkits
Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk
meningkatkan produktifitasnya.
programming toolkits
personal computing
Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk
pengguna tunggal.
WIMP
Windows, Icon, Menu, Pointer
Memungkinkan user untuk berdialog atau berinteraksi
dengan komputer dalam berbagai aktifitas dan topik yang berbeda.
WIMP (first WIMP)
WIMP
WIMP
metaphor
komputasi yang berkaitan dengan dunia nyata sebagai
kegiatan teknik mengajar yang efektif
Spreadsheet adalah metafora dari akuntansi dan financial
modelling keyboard adalah metafora dari mesin tik.
metaphor
metaphor
direct manipulation
Manipulasi langsung yang memungkinkan user mengubah
kondisi internal sistem dengan cepat.
Contohnya dengan manipulasi WYSIWYG (what you see is what
you get)
visibilitas
obyek
penambahan
aksi dan umpan balik yang cepat
menggantikan bahasa dengan tindakan
direct manipulation
direct manipulation
direct manipulation
language versus action
tindakan tidak
selalu bicara lebih keras daripada kata-kata!
antarmuka
menggantikan sistem yang mendasari
Paradigma
bahasa
Antarmuka
sebagai mediator
antarmuka
bertindak sebagai agen cerdas
pemrograman
dengan contoh adalah aksi dan bahasa
Bahasa sebagai
komunikasi dengan interface
Aksi dilakukan
interface untuk melaksanakan perintah user.
language versus action
language versus action
hypertext
Penyimpanan
informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara
non-linear atau random.
hypertext
hypertext
multimodality
salah satu cara adalah dengan saluran komunikasi manusia
penekanan pada penggunaan simultan saluran ganda untuk
input dan output
sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang
bergantung pada penggunaan beberapa saluran komunikasi pada manusia (mata,
kulit, telinga)
multimodality
multimodality
multimodality
Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
CSCW
menghilangkan bias dari satu user / sistem komputer tunggal
Tidak dapat
lagi mengabaikan aspek-aspek sosial
Surat
elektronik adalah keberhasilan yang paling menonjol
Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
beberapa sifat yang
mempengaruhi daya guna
Learnability :
Kemudahan
yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai
performance yang maksimal.
Flexibility :
Menyediakan
banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi
Robustness :
Tingkat
dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan
(goal) yang diinginkan.
prinsip yang mempengaruhi
learnabilitas
prinsip yang mempengaruhi
fleksibilitas
prinsip yang mempengaruhi
robustness
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar