Kumpulan Materi Kuliah Ilmu Komputer. Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Grafis, Manajemen Informatika dll.

Selasa, 08 Mei 2012

IMK 5 : Paradigma prinsip

Tidak ada komentar :

PARADIGMA & PRINSIP IMK
mengapa studi paradigma
Masalah dalam daya guna interaksi :
bagaimana bisa interaktif sistem dapat dikembangkan untuk memastikan kegunaan?
bagaimana kemudahan interaktif sistem dapat dibuktikan atau diukur?

Sejarah interaktif desain sistem menyediakan paradigma untuk digunakan sebagai desain

Memahami sejarah HCI sebagian besar tentang memahami serangkaian pergeseran paradigma
Tidak semua yang tercantum di sini berarti pergeseran "paradigma", tetapi setidaknya mendekati
Sejarah akan menilai yang benar mana yang akan bergeser
paradigma interaksi
Teknologi komputasi baru, menciptakan persepsi baru dari hubungan manusia dan komputer.

Kita dapat menelusuri beberapa pergeseran dalam sejarah teknologi interaktif.
paradigma awal
Batch processing
contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Time-sharing

contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking

contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking
Graphical displays

contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking
Graphical display
Microprocessor

contoh pergeseran paradigma
Batch processing
Timesharing
Networking
Graphical display
Microprocessor
WWW
contoh pergeseran paradigma
Sebuah simbiosis dunia fisik dan elektronik dalam pelayanan kegiatan sehari-hari.
Ubiquitas Computing
Sebagai contoh: 
   sebuah lingkungan Ubiquitous Computing yang menghubungkan kontrol penerangan (lampu) dan pemanas ruangan dengan alat yang dipasang pada pakaian kita sehingga kondisi penerangan dan suhu ruangan dapat dimodulasi secara terus-menerus dan tak kentara.

jenis paradigma
Time-sharing

Video display unit (VDU)

Programming toolkits

Personal computing

Windows system & WIMP
Metaphor

Direct manipulation

Langunge versus action

Hypertext

Multi-modality

CSCW
time-sharing
1940s and 1950s – explosive technological growth

1960s – need to channel the power

J.C.R. Licklider at ARPA

single computer supporting multiple users

time-sharing

time-sharing

time-sharing

time-sharing

video display units (VDU)
Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda

Mampu memvisualisasikan abstraksi data

video display units (VDU)

video display units (VDU)

video display units (VDU)

programming toolkits
Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktifitasnya.

programming toolkits

personal computing
Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk pengguna tunggal.

WIMP
Windows, Icon, Menu, Pointer

Memungkinkan user untuk berdialog atau berinteraksi dengan komputer dalam berbagai aktifitas dan topik yang berbeda.

WIMP (first WIMP)

WIMP

WIMP

metaphor
komputasi yang berkaitan dengan dunia nyata sebagai kegiatan teknik mengajar yang efektif

Spreadsheet adalah metafora dari akuntansi dan financial modelling keyboard adalah metafora dari mesin tik.
metaphor

metaphor

direct manipulation
Manipulasi langsung yang memungkinkan user mengubah kondisi internal sistem dengan cepat.

Contohnya dengan manipulasi WYSIWYG (what you see is what you get)

visibilitas obyek
penambahan aksi dan umpan balik yang cepat
menggantikan bahasa dengan tindakan
direct manipulation

direct manipulation

direct manipulation

language versus action
tindakan tidak selalu bicara lebih keras daripada kata-kata!
antarmuka menggantikan sistem yang mendasari
Paradigma bahasa
Antarmuka sebagai mediator
antarmuka bertindak sebagai agen cerdas
pemrograman dengan contoh adalah aksi dan bahasa
Bahasa sebagai komunikasi dengan interface
Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user.
language versus action

language versus action

hypertext

Penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara non-linear atau random.

hypertext

hypertext

multimodality
salah satu cara adalah dengan saluran komunikasi manusia
penekanan pada penggunaan simultan saluran ganda untuk input dan output
sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang bergantung pada penggunaan beberapa saluran komunikasi pada manusia (mata, kulit, telinga)
multimodality

multimodality

multimodality

Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
CSCW menghilangkan bias dari satu user / sistem komputer tunggal

Tidak dapat lagi mengabaikan aspek-aspek sosial

Surat elektronik adalah keberhasilan yang paling menonjol
Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

beberapa sifat yang mempengaruhi daya guna
Learnability :
Kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal.

Flexibility :
Menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi

Robustness :
Tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan (goal) yang diinginkan.
prinsip yang mempengaruhi learnabilitas
prinsip yang mempengaruhi fleksibilitas
prinsip yang mempengaruhi robustness


Tidak ada komentar :

Posting Komentar