Kumpulan Materi Kuliah Ilmu Komputer. Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Grafis, Manajemen Informatika dll.

Selasa, 08 Mei 2012

IMK : 1 Pendahuluan

Tidak ada komentar :


Pendahuluan
LATAR BELAKANG IMK
  Manusia ( user ) ingin bisa mengoperasikan komputer meskipun awam dengan komputer itu sendiri. Manusia biasanya tidak tahu menahu dengan proses yang terjadi dalam sistem komputer.
  Muncul istilah User Friendly, WYSYWYG ( What You See What You Get ).

  Komputer mempunyai prinsip :
                        Input à Proses à Output
  INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer yang interaktif untuk digunakan manusia

  TUJUAN DISUSUNNYA INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

  Utk memudahkan manusia dlm mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada sistem komputer

  Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif, dan efisien

  BENTUK KOMUNIKASI
MANUSIA DAN KOMPUTER
  User Interface ( antarmuka pemakai ) :
¡ Bagian sistem komputer yang       memungkinkan manusia berinteraksi        dengan komputer.
  Antarmuka yang berkembang dari berbasis tekstual kemudian menjadi berbasis grafis ( GUI -> Graphical User Interface ) hingga antarmuka yang didukung oleh compiler dan biasa disebut dengan visual programming.

  PRINSIP KERJA SISTEM KOMPUTER
  PRINSIP KERJA SISTEM KOMPUTER
  User memberi perintah pada komputer & komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.

  Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka

?



Sebenarnya antarmuka seperti apa yg diinginkan oleh User ?
  TUJUAN USER INTERFACE
  Agar sistem komputer yang digunakan user bisa memperhatikan aspek-aspek kemudahan user :
¡   Efektifitas
¡  Fleksibilitas ( keluwesan )
¡  Kemudahan dipelajari
¡  Sikap orang terhadap sistem
  Hubungan manusia, interface dan komputer adalah :
¡ Manusia ßà Interface ßà Sistem Komputer
  ANTARMUKA MANUSIA & KOMPUTER
  Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
       - antarmuka yg bagus
       - mudah dioperasikan
       - mudah dipelajari
       - pengguna merasa senang menggunakan software tsb.

  JENIS ANTARMUKA KOMPUTER
  Antarmuka berbasis teks
  Antarmuka berbasis grafis / GUI (Graphical User Interface)
  Antarmuka berbasis web
  Antarmuka berbasis mobile


  PIRANTI BANTU PENGEMBANG SISTEM
  Semakin ramah antarmuka software maka semakin sulit diimplementasikan
  Kesulitan dlm pengembangan sistem antara lain :
       - antarmuka harus menangani piranti kontrol spt :
         keyboard dan mouse
       - antarmuka hrs mempunyai kinerja yg handal yaitu
         tdk terjadi keterlambatan antara masukan
         pengguna dan tanggapan sistem
  PIRANTI BANTU PENGEMBANG SISTEM
   Pemrograman Berorientasi Objek :
¡  Visual Basic
¡  Delphi
¡  Visual C++
¡  Java
¡  Visual dBase
¡  dll
  KEUNTUNGAN PENGGUNAAN PIRANTI BANTU
  Antarmuka yg dihasilkan menjadi lebih baik
       - hasil rancangan dlm bentuk prototipe + dpt 
         diimplementasikan
  Antarmuka mudah dimodifikasi
  Program aplikasinya mudah ditulis
  Lebih ekonomis utk dipelihara
  Pemakaian sumber daya lebih sedikit
?


Strategi apa yg diperlukan utk pengembangan antarmuka ?
  STRATEGI PENGEMBANGAN ANTARMUKA
  Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sbg pengguna komputer.
  Berbagai informasi karakteristik dialog spt :
       - ragam dialog
       - struktur
       - isi tekstual dan grafis
       - tanggapan waktu
       - kecepatan tampilan
  STRATEGI PENGEMBANGAN ANTARMUKA

  Penggunaan prototipe yg disusun bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem serta piranti bantu yg dpt digunakan


  Teknik evaluasi utk mengevaluasi prototipe
  IMK DIDASARI BEBERAPA
DISIPLIN ILMU YANG LAIN
  Teknik elektronika dan ilmu komputer
  Desain grafis :
¡  visual komputer  dan estetika
  Teknik industri :
¡  meningkatkan produktifitas
  Psikologi :
¡  sifat manusia terhadap sistem komputer
  Ergonomi ( human engineeering ) :
¡  ilmu yang mempelajari perancangan dan pengaturan barang-barang yang digunakan manusia.
  Antropometri :
¡  ilmu yang mempelajari ukuran tubuh dan antropologi manusia.
  Linguistik :
¡  ilmu bahasa
  Sosiologi :
¡  otomasi kantor dengan efek banyak terjadi PHK.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar