Kumpulan Materi Kuliah Ilmu Komputer. Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Grafis, Manajemen Informatika dll.

Senin, 07 Mei 2012

Gambaran Umum SI

Tidak ada komentar :

¡  Gambaran Umum
          Sistem Informasi  
                      dan 
                               Teknologi Informasi

¡  Sistem
¡   Sistem : sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan

¡   Elemen Sistem:
§  tujuan,
§  masukan,
§  keluaran,
§  proses,
§  mekanisme pengendalian, dan
§  umpan balik.
¡  Sistem (Lanjutan…)
¡  Sistem berinteraksi dengan :
§  Lingkungan dan
§  Memiliki batas sistem
¡  Tujuan Sistem
¡      Setiap sistem memiliki tujuan (goal)
¡      Tujuan berfungsi sebagai pengarah sistem
¡      Tiga tujuan utama SI (Hall, 2000):
§     untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen,
§     untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen,
§     untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan
¡  Masukan
¡   Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses
¡   Masukan dapat berupa hal-hal berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah, sedangkan contoh yang tidak berwujud adalah informasi (misalnya permintaan jasa dari pelanggan).
¡   Pada sistem informasi, masukan dapat berupa data transaksi, dan data non-transaksi (misalnya surat pemberitahuan)
¡  Proses
¡  Bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran
¡  Pada sistem informasi, proses dapat berupa suatu tindakan seperti:
§  Meringkas data,
§  Melakukan perhitungan,
§  Mengurutkan data,
§  dll
¡  Keluaran
¡  Merupakan hasil dari pemrosesan
¡  Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya
¡  Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik


¡   Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran
¡   Tujuan umpan balik adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan
¡   Pada sistem informasi, umpan balik dapat diperoleh dari setiap pemakai
§  Program yang salah diperbaiki
§  Program disesuaikan dengan keluaran yang dikehendaki

¡  Klasifikasi Sistem
¡  Abstrak Vs. Fisik
¡  Deterministik Vs. Probabilistik
¡  Terbuka Vs. Tertutup
¡  Alamiah Vs. Buatan
¡  Sederhana Vs. Kompleks

¡  Apakah Sistem Informasi Itu?
¡  Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi 2, sistem informasi manual dan sistem informasi berbasis komputer (CBIS)
¡  CBIS atau selanjutnya disebut sistem informasi (SI) saja adalah jenis sistem informasi yang menggunakan komputer
¡  Apakah Sistem Informasi Itu?
¡  Apakah Sistem Informasi Itu?
¡  Contoh Sistem Informasi
¡  Sistem reservasi pesawat terbang
¡  Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
¡  Sistem POS (point-of-sale)


¡  Contoh Sistem Informasi (Lanjutan…)
¡   Sistem yang dipasang pada tempat-tempat publik yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel, tempat pariwisata, pertokoan, dan lain-lain
¡   Sistem layanan akademis berbasis Web
¡   Sistem pertukaran data elektronis (Electronic Data Interchange atau EDI)
¡   E-government atau sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis Internet.
¡  Sifat Sistem Informasi
¡  Tidak harus kompleks
¡  Bisa saja menggunakan sebuah komputer

¡  Kemampuan SI
(Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999)

¡  Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dengan kecepatan tinggi
¡  Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antarorgansiasi yang murah, akurat, dan cepat
¡  Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses
¡  Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah
¡  Kemampuan SI(Lanjutan…)
(Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999)

¡   Meningkatkan efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi
¡   Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusia
¡   Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semiotomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual
¡   Mempercepat pengetikan dan penyuntingan
¡   Melaksanakan hal-hal di atas jauh lebih murah daripada kalau dikerjakan secara manual
¡  Model SI
¡  Lingkungan Sosioteknologi
(O’Brien, 1996)

¡  Peranan Sistem Informasi
 (Alter, 1992)

¡  Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas                        Otomasi
¡  Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendali dalam sebuah subsistem
¡  Mengkoordinasikan subsistem-subsistem
¡  Mengintegrasikan subsistem-subsistem.
¡  Apakah Teknologi Informasi Itu?
¡   Kamus Oxford (1995) : TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar
¡   Alter (1992), TI mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, memgambil, memanipulasi, atau menampilkan data

¡  Apakah Teknologi Informasi Itu?
(Lanjutan…)

¡  Martin (2002) : TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi
¡  Lucas (2000) : TI adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan infromasi dalam bentuk elektronis
¡  Contoh TI
¡  Teknologi Informasi (Haag, 2000)
¡  Teknologi Masukan
¡  Teknologi Keluaran
¡  Teknologi Perangkat Lunak
¡  Teknologi Penyimpan
¡  Teknologi Telekomunikasi
¡  Teknologi Pemroses
¡  Beberapa Alasan Investasi TI
¡   Adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif
¡   Mengurangi biaya
¡   Meningkatkan fleksibilitas dan tanggapan
¡   Teknologi informasi memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai bagian yang berbeda dalam organisasi dan menyediakan banyak informasi ke manajer.
¡  Peranan TI
¡   Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
¡   Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
¡   Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.
¡  Pengaruh TI dalam Proses Bisnis
¡   Aturan lama: Manajer membuat semua keputusan
¡   Teknologi informasi:    Perangkat pendukung keputusan (akses basis data, perangkat lunak pemodelan)
¡   Aturan baru: Pembuatan keputusan adalah bagian pekerjaan dari setiap orang
¡   Aturan lama: Hanya para pakar yang dapat melaksanakan pekerjaan kompleks
¡   Teknologi informasi:    Sistem pakar (expert system)
¡   Aturan baru: Orang awam dapat melakukan pelerjaan seseorang pakar

¡  Pengaruh TI dalam Proses Bisnis (Lanjutan…)
¡   Aturan lama: Informasi hanya dapat muncul dalam satu tempat pada satu saat
¡   Teknologi informasi:    Berbagi basis data
¡   Aturan baru: Informasi dapat muncul di banyak tempat secara serentak ketika diperlukan
¡   Aturan lama:    Petugas lapangan memerlukan tempat yang digunakan untuk menerima, menyimpan, mengambil, dan mengirimkan informasi
¡   Teknologi informasi:    Komunikasi data tanpa kabel dan komputer portabel
¡   Aturan baru:      Petugas lapangan dapat mengirim dan menerima informasi kapan saja diperlukan

¡  Strategi Menuju Keunggulan Kompetitif
¡   Strategi biaya, yakni menjadikan produsen dengan biaya            yang rendah, memberikan harga yang lebih murah.
¡    Strategi diferensiasi, yakni mengembangkan cara-cara              untuk membedakan produk/jasa .
¡   Strategi inovasi, yakni memperkenalkan produk/jasa yang          unik, atau membuat perubahan .
¡   Strategi aliansi, yakni membentuk hubungan dan aliansi             bisnis yang baru dengan pelanggan, pemasok, pesaing.
¡   Strategi pertumbuhan, yakni dengan mengembangkan              kapasitas produksi secara signifikan, melakukan ekspansi               ke dalam pemasaran global.
¡  Kecenderungan TI terhadap SI
·           Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik
·           Ketersediaan informasi dalam bentuk digital semakin banyak
·           Portabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat
·           Konektivitas meningkat
·           Kemudahan pemakaian meningkat
·           Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut  DAN....


SELESAI.........



Tidak ada komentar :

Posting Komentar