Senin, 07 Mei 2012
SI BISNIS
¢ Data Dan Informasi Dalam Sistem Informasi Bisnis
¢
Data
Vs Informasi
¢ Data adalah deskripsi
tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna
atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai
¢
Misal:
6.30 27 6.32 28 6.34 27. Apa artinya?
¢
Data
Vs Informasi
¢ Bandingkan 6.30 27
6.32 28 6.34 27 dengan:
¢ Adakah artinya?
¢
Data
Vs Informasi
¢ Data dapat berupa
nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.
¢ Data yang terformat adalah data dengan
suatu format tertentu; misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam, atau
menyatakan nilai mata uang.
¢ Teks adalah sederetan
huruf, angka, dan simbol-simbol khusus (misalnya + dan $) yang kombinasinya tak
tergantung masing-masing item secara individual. Contoh teks adalah artikel
koran.
¢
Data
Vs Informasi
¢ Citra (image)
adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen,
dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.
¢
Data
Vs Informasi
¢ Audio adalah data dalam
bentuk suara. Instrumen musik, suara orang atau suara binatang, gemericik air,
detak jantung merupakan beberapa contoh data audio
¢
Video menyatakan data dalam bentuk sejumlah gambar yang
bergerak dan bisa saja dilengkapi dengan suara. Video dapat digunakan untuk
mengabadikan suatu kejadian atau aktivitas
¢
Data
Vs Informasi
¢ Informasi sebagai data yang
telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan sesorang yang
menggunakan data tersebut (McFadden dkk 1999).
¢ Informasi adalah “jumlah
ketidakpastian yang dikurangi ketika sebuah pesan diterima” (Shannon dan
Weaver). Artinya, dengan adanya informasi, tingkat kepastian menjadi meningkat.
¢
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah
bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan
saat ini atau saat mendatang (Davis 1999)
¢
Data
Vs Informasi
¢
Siklus
Informasi
¢
Data
dan Informasi membentuk suatu siklus (Burch dan Grudnitski, 1989)
¢ OBJECTIVES :
¢ Memahami bagaimana
sistem informasi dapat mempengaruhi dunia bisnis
¢ Memahami
bentuk-bentuk aplikasi sistem informasi dalam dunia industri
¢ Bentuk aplikasi
sistem informasi dalam fungsi area bisnis
¢
Masing-masing
bagian dalam suatu corporation (badan hukum) memiliki struktur
organisasi
¢
Masing-masing
bagian area bisnis dalam struktur organisasi memiliki fungsi dan tugas
yang berbeda (sistem informasi)
¢
Masing-masing
area di dukung oleh sistem informasinya sendiri, meski di antara area dapat
saling sharing informasi
¢
Untuk
melihat macam aplikasi sistem informasi dapat dilihat (bergantung) dari bentuk struktur
organisasi pada masing-masing fungsi area bisnisnya.
¢ Bentuk Aplikasi
Sistem Informasi dalam Fungsi Area Bisnis
¢
Contoh
struktur organisasi berikut untuk tiap fungsi area bisnis : akuntansi,
keuangan, pemasaran, produksi/operasi dan human resources
¢ Sistem Informasi
Akuntansi
¢
SIA
: menggunakan sistem pemrosesan transaksi untuk mencatat berbagai operasi
transaksi yang terjadi, yang mempengaruhi status finansial organisasi
¢
Sistem
ini mengenai operasional sistem akuntansi, dan menangani laporan historis
dari semua transaksi yang terjadi dalam jumlah besar
¢
Sistem
ini membuat berbagai report seperti laporan keseimbangan keuangan
dan rekening masukan yang semuanya memberikan gambaran finansial dari
organisasi
¢ Sistem Informasi
Akuntansi
¢
Ciri
dalam transaksi SIA :
l Menghasilkan jumlah data
yg besar, yg tiap hari selalu diproses, disimpan dan membutuhkan kecepatan
akses yg cepat serta keakuratan yg tinggi
l Membutuhkan kemudahan
dalam pengoperasian pengontrolan serta prosedur error-checking
yg baik dalam menjaga sekuritas dan keakuratan data
l Dirancang khusus
untuk kemudahan audit data, serta tracing (menelusuri)
transaksi yg terjadi
l
Beberapa
menggunakan aplikasi DDS dan MIS, misal digunakan dalam
menentukan estimasi dan perencanaan anggaran
¢ Sistem Informasi
Akuntansi
¢ Sistem informasi
akuntansi ini dapat terbagi menjadi beberapa subsistem seperti :
l Sistem laporan
penerimaan (account receivable)
l Sistem laporan
pembayaran (account payable)
l Sistem penggajian (payroll)
l Sistem buku besar (general
ledger)
¢ Sistem Informasi
Keuangan/Finansial
¢
Sistem informasi finansial menyediakan
informasi yg menyangkut ke kedua kegiatan, yaitu akusisi uang/dana
untuk berbagai operasi keuangan bisnis dan alokasi dan pengawasan
sumber keuangan organisasi
¢
SIA : fokus pada pencatatan data yang dihasilkan dari
operasi harian suatu bisnis, VS Sistem informasi finansial (SIF)
: fokus pada perencanaan dan pengawasan keuangan
¢
Sehingga
SIF lebih bergantung pada aplikasi DDS
¢
SIF
kurang memperhatikan ke-akurasian data daripada SIA, sebab beberapa variabel
finansial berorientasi masa depan dan susah untuk diprediksi dengan tepat
¢ Sistem Informasi
Keuangan/Finansial
¢ SIF dapat terbagi
atas beberapa sub sistem meliputi :
l
Requirement analysis
l
Planning
l
Cash management
l
Credit management
l Capital expenditure
system
(sistem anggaran belanja RT)
¢ Sistem Informasi
Pemasaran
¢
Marketing information system (MIS): meliputi
detail transaksi penjualan hari demi hari, memanajemenkan dan mengontrol
operasi marketing, serta merencanakan penjualan dan berbagai strategi di masa
datang
¢
MIS
berhubungan dengan market dan produk saat ini, serta rencana-rencana utk market
dan produk di masa datang
¢
MIS
bergantung pada TPS (Transaction processing system), MIS (management
information system) dan DDS
¢
MIS
dapat terbagi menjadi dua sub sistem : sistem penjualan dan sistem pemasaran.
¢ Sistem Informasi
Pemasaran
¢
Sistem
penjualan : mencatat data mengenai transaksi penjualan tiap hari (misal nama
pelanggan, jumlah item, jumlah yg dipesan, pembayaran dan alamat pengepakan).
Transaksi demikian tercatat oleh TPS
¢
Sistem
marketing : memfokuskan pada perencanaan dan pengawasan/kontrol dan bergantung
pada MIS dan DDS
¢
Dengan
MIS data dihasilkan oleh sistem sales untuk menyediakan informasi tentang
kondisi produk dan tugas dari staff penjualan
¢
DDS
: membantu merencanakan untuk kedepan, dengan membimbing pada berbagai
pekerjaan seperti meramalkan penjualna, merencanakan berbagai harga, merancang
strategi promosi
¢ Sistem Informasi
Pemasaran
¢ Sistem informasi
pemasaran juga dapat disusun dalam beberapa sub-sistem yg meliputi :
l Sistem order entry,
l
Sistem
customer profile
l
Sistem
product management
l
Sistem
sales forecasting
l
Sistem
advertising
l
Market research system
¢ Sistem informasi
produksi/operasi
¢
Sistem
ini mendapatkan dan memproses data mengenai semua aktivitas yg mencakup
produksi yg baik dan pelayanan (services)
¢
Tujuan
dari sistem informasi ini :
l Digunakan dlm
merencanakan, monitoring dan mengontrol proses produksi yg terjadi sehingga
lebih efisien
l Menghasilkan
efisiensi proses produksi, kontrol kualitas yg ketat serta menghasilkan produk
yg lebih bagus
l Mengurangi biaya dari
penggunaan berbagai inventarisasi dengan mendapatkan kontrol material yang baik
¢ Sistem informasi
produksi/operasi
¢ Sistem ini juga
terbagi dalam sejumlah sub-sistem yaitu :
l
Master production schedule
l
Material requirement planning
l
Capasity planning
l
Engineering
l
Production control
l
Plant maintenance
l
Process and numerical control
l
Physical distribution system
¢
Human resources information system
¢ SI SDM dalam
organisasi mencakup :
l Recruitmen
l Placement
l Evaluation
l Compensation
l Development employee
¢ Tujuan dari sistem
informasi ini : mencapai efektivitas dan efisiensi penggunaan dari SDM
¢
Human resources information system
¢ Sistem informasi ini
juga terbagi atas sub-sistem yg meliputi :
l
Payroll and labor analysis
l
Personnel record
l
Personnel skill inventory
l
Recruitment training
l
Development analysis
l
Compensation analysis
l
Human resources requirement forecasting system
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar