Kumpulan Materi Kuliah Ilmu Komputer. Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Grafis, Manajemen Informatika dll.

Senin, 07 Mei 2012

SI BISNIS

Tidak ada komentar :

¢  Data Dan Informasi Dalam Sistem Informasi Bisnis
¢  Data Vs Informasi
¢  Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai
¢  Misal: 6.30 27 6.32 28 6.34 27. Apa artinya?
¢  Data Vs Informasi
¢  Bandingkan 6.30 27 6.32 28 6.34 27 dengan:





¢  Adakah artinya?
¢  Data Vs Informasi
¢  Data dapat berupa nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.
¢  Data yang terformat adalah data dengan suatu format tertentu; misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam, atau menyatakan nilai mata uang.
¢  Teks adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol khusus (misalnya + dan $) yang kombinasinya tak tergantung masing-masing item secara individual. Contoh teks adalah artikel koran.
¢  Data Vs Informasi
¢  Citra (image) adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen, dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.

¢  Data Vs Informasi
¢  Audio adalah data dalam bentuk suara. Instrumen musik, suara orang atau suara binatang, gemericik air, detak jantung merupakan beberapa contoh data audio
¢  Video menyatakan data dalam bentuk sejumlah gambar yang bergerak dan bisa saja dilengkapi dengan suara. Video dapat digunakan untuk mengabadikan suatu kejadian atau aktivitas
¢  Data Vs Informasi
¢  Informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan sesorang yang menggunakan data tersebut (McFadden dkk 1999).
¢  Informasi adalah “jumlah ketidakpastian yang dikurangi ketika sebuah pesan diterima” (Shannon dan Weaver). Artinya, dengan adanya informasi, tingkat kepastian menjadi meningkat.
¢  Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang (Davis 1999)
¢  Data Vs Informasi
¢  Siklus Informasi
¢  Data dan Informasi membentuk suatu siklus (Burch dan Grudnitski, 1989)
¢  OBJECTIVES :
¢  Memahami bagaimana sistem informasi dapat mempengaruhi dunia bisnis
¢  Memahami bentuk-bentuk aplikasi sistem informasi dalam dunia industri
¢ Bentuk aplikasi sistem informasi dalam fungsi area bisnis
¢   Masing-masing bagian dalam suatu corporation (badan hukum) memiliki struktur organisasi
¢   Masing-masing bagian area bisnis dalam struktur organisasi memiliki fungsi dan tugas yang berbeda (sistem informasi)
¢   Masing-masing area di dukung oleh sistem informasinya sendiri, meski di antara area dapat saling sharing informasi
¢   Untuk melihat macam aplikasi sistem informasi dapat dilihat (bergantung) dari bentuk struktur organisasi pada masing-masing fungsi area bisnisnya.
¢ Bentuk Aplikasi Sistem Informasi dalam Fungsi Area Bisnis
¢  Contoh struktur organisasi berikut untuk tiap fungsi area bisnis : akuntansi, keuangan, pemasaran, produksi/operasi dan human resources

¢  Sistem Informasi Akuntansi
¢   SIA : menggunakan sistem pemrosesan transaksi untuk mencatat berbagai operasi transaksi yang terjadi, yang mempengaruhi status finansial organisasi
¢   Sistem ini mengenai operasional sistem akuntansi, dan menangani laporan historis dari semua transaksi yang terjadi dalam jumlah besar
¢   Sistem ini membuat berbagai report seperti laporan keseimbangan keuangan dan rekening masukan yang semuanya memberikan gambaran finansial dari organisasi
¢  Sistem Informasi Akuntansi
¢   Ciri dalam transaksi SIA :
l  Menghasilkan jumlah data yg besar, yg tiap hari selalu diproses, disimpan dan membutuhkan kecepatan akses yg cepat serta keakuratan yg tinggi
l  Membutuhkan kemudahan dalam pengoperasian pengontrolan serta prosedur error-checking yg baik dalam menjaga sekuritas dan keakuratan data
l  Dirancang khusus untuk kemudahan audit data, serta tracing (menelusuri) transaksi yg terjadi
l  Beberapa menggunakan aplikasi DDS dan MIS, misal digunakan dalam menentukan estimasi dan perencanaan anggaran
¢  Sistem Informasi Akuntansi
¢  Sistem informasi akuntansi ini dapat terbagi menjadi beberapa subsistem seperti :
l Sistem laporan penerimaan (account receivable)
l Sistem laporan pembayaran (account payable)
l Sistem penggajian (payroll)
l Sistem buku besar (general ledger)
¢  Sistem Informasi Keuangan/Finansial
¢   Sistem informasi finansial menyediakan informasi yg menyangkut ke kedua kegiatan, yaitu akusisi uang/dana untuk berbagai operasi keuangan bisnis dan alokasi dan pengawasan sumber keuangan organisasi
¢   SIA : fokus pada pencatatan data yang dihasilkan dari operasi harian suatu bisnis, VS Sistem informasi finansial (SIF) : fokus pada perencanaan dan pengawasan keuangan
¢   Sehingga SIF lebih bergantung pada aplikasi DDS
¢   SIF kurang memperhatikan ke-akurasian data daripada SIA, sebab beberapa variabel finansial berorientasi masa depan dan susah untuk diprediksi dengan tepat
¢  Sistem Informasi Keuangan/Finansial
¢  SIF dapat terbagi atas beberapa sub sistem meliputi :
l Requirement analysis
l Planning
l Cash management
l Credit management
l Capital expenditure system (sistem anggaran belanja RT)
¢  Sistem Informasi Pemasaran
¢   Marketing information system (MIS): meliputi detail transaksi penjualan hari demi hari, memanajemenkan dan mengontrol operasi marketing, serta merencanakan penjualan dan berbagai strategi di masa datang
¢   MIS berhubungan dengan market dan produk saat ini, serta rencana-rencana utk market dan produk di masa datang
¢   MIS bergantung pada TPS (Transaction processing system), MIS (management information system) dan DDS
¢   MIS dapat terbagi menjadi dua sub sistem : sistem penjualan dan sistem pemasaran.

¢  Sistem Informasi Pemasaran
¢   Sistem penjualan : mencatat data mengenai transaksi penjualan tiap hari (misal nama pelanggan, jumlah item, jumlah yg dipesan, pembayaran dan alamat pengepakan). Transaksi demikian tercatat oleh TPS
¢   Sistem marketing : memfokuskan pada perencanaan dan pengawasan/kontrol dan bergantung pada MIS dan DDS
¢   Dengan MIS data dihasilkan oleh sistem sales untuk menyediakan informasi tentang kondisi produk dan tugas dari staff penjualan
¢   DDS : membantu merencanakan untuk kedepan, dengan membimbing pada berbagai pekerjaan seperti meramalkan penjualna, merencanakan berbagai harga, merancang strategi promosi
¢  Sistem Informasi Pemasaran
¢  Sistem informasi pemasaran juga dapat disusun dalam beberapa sub-sistem yg meliputi :
l  Sistem order entry,
l  Sistem customer profile
l  Sistem product management
l  Sistem sales forecasting
l  Sistem advertising
l  Market research system
¢  Sistem informasi produksi/operasi
¢   Sistem ini mendapatkan dan memproses data mengenai semua aktivitas yg mencakup produksi yg baik dan pelayanan (services)
¢   Tujuan dari sistem informasi ini :
l  Digunakan dlm merencanakan, monitoring dan mengontrol proses produksi yg terjadi sehingga lebih efisien
l  Menghasilkan efisiensi proses produksi, kontrol kualitas yg ketat serta menghasilkan produk yg lebih bagus
l  Mengurangi biaya dari penggunaan berbagai inventarisasi dengan mendapatkan kontrol material yang baik
¢  Sistem informasi produksi/operasi
¢  Sistem ini juga terbagi dalam sejumlah sub-sistem yaitu :
l  Master production schedule
l  Material requirement planning
l  Capasity planning
l  Engineering
l  Production control
l  Plant maintenance
l  Process and numerical control
l  Physical distribution system
¢ Human resources information system
¢  SI SDM dalam organisasi mencakup :
l  Recruitmen
l  Placement
l  Evaluation
l  Compensation
l  Development employee
¢  Tujuan dari sistem informasi ini : mencapai efektivitas dan efisiensi penggunaan dari SDM
¢ Human resources information system
¢  Sistem informasi ini juga terbagi atas sub-sistem yg meliputi :
l  Payroll and labor analysis
l  Personnel record
l  Personnel skill inventory
l  Recruitment training
l  Development analysis
l  Compensation analysis
l  Human resources requirement forecasting system


Tidak ada komentar :

Posting Komentar